HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN DEPRESI PADA PENYANDANG CACAT PASCA KUSTA DI LIPOSOS DONOROJO BINAAN YASTIMAKIN BANGSRI JEPARA

Dame Rizqy Robby , 1550408062 (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN DEPRESI PADA PENYANDANG CACAT PASCA KUSTA DI LIPOSOS DONOROJO BINAAN YASTIMAKIN BANGSRI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN DEPRESI PADA PENYANDANG CACAT PASCA KUSTA DI LIPOSOS DONOROJO BINAAN YASTIMAKIN BANGSRI JEPARA)
Download (2006Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan studi pendahuluan mengenai depresi yang dialami penyandang cacat pasca kusta di Liposos Donorojo binaan Yastimakin Bangsri Jepara. Gejalanya dilihat dengan ciri-ciri konsentrasinya sering terganggu, kurang percaya diri menghadapi segala sesuatu yang bersifat sosial, sering merasa hidupnya tidak berarti dan rasa ingin bunuh diri. Oleh karena itu, dibutuhkan pengaturan diri individu agar dapat memaknai suatu peristiwa yang dialami dan berserah diri pada Tuhan YME agar depresi dapat diminimalisir, hal ini berkaitan dengan kecerdasan spiritual yang dimiliki penyandang cacat pasca kusta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual (X) dengan depresi (Y) pada penyandang cacat pasca kusta di Liposos Donorojo binaan Yastimakin Bangsri Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah penyandang cacat pasca kusta di Liposos Donorojo binaan Yastimakin Bangsri Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang, teknik sampling digunakan adalah teknik Probability Sampling berupa Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Pengambilan sampel dengan cara melakukan undian pada subjek penelitian sebanyak 100 gulungan kertas, sehingga nomor nomor yang tertera pada gulungan kertas yang terambil merupakan nomor yang menjadi subjek penelitian. Data penelitian diambil menggunakan skala depresi dan skala kecerdasan spiritual. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala depresi terdiri dari 24 aitem valid dan 3 item tidak valid dan koefisien alpha cronbach reliabilitasnya 0,860. Skala kecerdasan spiritual dari 25 aitem valid dan 1 item tidak valid dan koefisien alpha cronbach reliabilitasnya 0,820. Berdasarkan analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai r = 0,342 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara keduanya adalah positif karena p < 0.05. Jadi jika kecerdasan spiritual tinggi maka depresi juga tinggi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kecerdasan spiritual, depresi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: Users 22783 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 06:54
    Last Modified: 22 May 2014 06:54

    Actions (login required)

    View Item