PENGARUH RETURN ON ASSETS, ARUS KAS OPERASI, ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Eki Vianti Trisnandari , 7311409037 (2013) PENGARUH RETURN ON ASSETS, ARUS KAS OPERASI, ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH RETURN ON ASSETS, ARUS KAS OPERASI, ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Download (1705Kb)

    Abstract

    Penilaian kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan itu dalam menghasilkan laba. Kinerja perusahaan dapat diketahui dari laporan keuangan yang akan dikeluarkan perusahaan secara periodik. Pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan metode tradisional maupun metode yang baru dikembangkan. Permasalahan dari penelitian ini adalah karena adanya research gap dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Return On Assets, Arus Kas Operasi, Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI periode tahun 2009-2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan semua sektor di BEI tahun 2009-2011. Berdasarkan teknik pengambilan sampel purposing sampling diperoleh 25 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan Return On Assets, Arus Kas Operasi, Economic Value Added dan Market Value Added berpengaruh secara simultan terhadap Return Saham sebesar 18,8 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang ditunjukkan oleh adjusted R Square = 0,188 dengan nilai probabilitas 0,001 < 0,05. Secara parsial variabel ROA, Arus Kas Operasi dan MVA berpengaruh terhadap return saham dengan tingkat signifikan masing-masing 0,035; 0,036 dan 0,005. Sedangkan EVA tidak berpengaruh terhadap return saham yang dicerminkan dengan nilai signifikansi 0,470. Dari penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara Return On Assets, Arus Kas Operasi, Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham. Sedangkan secara parsial variabel ROA, Arus Kas Operasi dan MVA berpengaruh terhadap return saham dan hanya variabel EVA yang tidak berpengaruh terhadap return saham. Saran yang dapat diberikan, investor lebih baik memperhatikan Return On Assets, Arus Kas Operasi, dan Market Value Added daripada Economic Value Added dalam menganalisis return saham karena dalam penelitian ini EVA tidak mempunyai pengaruh terhadap return saham. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya menambah variabel independen lain selain keempat variabel yang telah dilakukan dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Return On Assets, Arus Kas Operasi, Economic Value Added, Market Value Added dan Return Saham
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:56
    Last Modified: 22 May 2014 06:56

    Actions (login required)

    View Item