PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG

PUTRI HIRWANDINI, 1401409321 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    Permasalahan dalam pembelajaran IPA, guru mengajarkan konsep IPA hanya secara hafalan, siswa belum dibelajarkan melalui proses penemuan-penemuan yang berorientasi pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif bertanya maupun mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah secara umum adalah Apakah melalui penerapan model PBI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang? Sedangkan secara khusus adalah (1) Apakah melalui penerapan model PBI dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang? (2) Apakah melalui penerapan model PBI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang? (3) Apakah melalui penerapan model PBI dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang?. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang. Secara khusus adalah : (1) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang. (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang. (3) Meningkatkan hasil belajar IPA kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah PTK, menggunakan model PBI yang diterapkan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (evaluasi) dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) keterampilan guru memperoleh skor pada siklus 1 adalah 20 dengan kriteria baik; siklus 2 memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik, siklus 3 skor 31 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa memperoleh skor pada siklus 1 adalah 19,2 dengan kriteria cukup; Siklus 2 memperoleh skor 25,8 dengan kriteria baik. Pada siklus 3, skor yang diperoleh yaitu 29,3 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase ketuntasan klasikal dari dua pertemuan pada siklus 1 adalah 71,4%, siklus 2 presentase 79% dan pada siklus 3 mendapat 85%. Hasil penelitian menunjukkan indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan. Simpulan penelitian, melalui model PBI keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang meningkat. Saran bagi guru adalah pembelajaran dengan model PBI perlu dipersiapkan secara sistematis.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model PBI, Kualitas Pembelajaran, IPA
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Users 1771 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 07:00
    Last Modified: 22 May 2014 07:00

    Actions (login required)

    View Item