PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), EARNING PER SHARE (EPS), DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2008-2010

Yuni Setiowati, 7311409028 (2013) PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), EARNING PER SHARE (EPS), DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), EARNING PER SHARE (EPS), DAN RETURN ON ASSETS (ROA) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2008-2010)
Download (830Kb)

    Abstract

    Faktor fundamental mempunyai pengaruh kuat terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), karena faktor fundamental menunjukkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS) dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah periode 2008-2010 secara simultan dan parsial. Penelitian ini timbul karena terjadi fenomena gap dan jika ditelaah secara teori maka masih terdapat hasil yang tidak relevan secara teori dan kenyataan, yaitu naik turunnya variabel CR, DER, EPS dan ROA tidak diikuti naik turunnya DPR. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Daftar Efek Syariah periode 2008-2010 yang berjumlah 286 perusahaan. Prosedur pemilihan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga menghasilkan 44 perusahaan yang memiliki kriteria sampel. Data sekunder dikumpulkan dengan teknik dokumentasi bersumber dari ringkasan kinerja keuangan tahun 2011. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini secara simultan variabel CR, DER, EPS dan ROA berpengaruh terhadap DPR pada perusahaan yang termasuk dalam DES periode 2008-2010. Secara parsial variabel CR, EPS dan ROA berpengaruh terhadap DPR, sedangkan variabel DER tidak berpengaruh terhadap DPR pada perusahaan yang termasuk dalam DES periode 2008-2010. Hasil penelitian bagi investor sebaiknya memperhatikan CR, EPS, dan ROA, karena rasio tersebut berpengaruh terhadap DPR. Rasio DER tidak perlu menjadi perhatian utama dalam menentukan dividen, karena dengan adanya batasan hutang yang berbasis bunga tidak lebih dari 82% dan total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha adalah kurang dari 10% maka hutang perusahaan lebih terkendali dan pendapatan perusahaan relatif stabil. Bagi manajemen perusahaan, sebaiknya lebih memperhatikan aspek CR, EPS, dan ROA, karena sesuai dengan hasil penelitian ini ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap DPR.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Return On Assets (ROA), Dividend Payout Ratio (DPR)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 07:20
    Last Modified: 22 May 2014 07:20

    Actions (login required)

    View Item