Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal

Dwi Esti Jayanti , 1402408040 (2012) Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Model PembelajaranKooperatifTeknik Make A Matchterhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal)
Download (2558Kb)

    Abstract

    IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di SD.Dalam pembelajaran IPS, guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan pemberian tugas, sehingga siswa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPS. Model kooperatifteknikmake a matchdapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS, karena dapat membantu siswa mempelajari materi pelajaran dan mampu mengaktifkan siswa, sehingga pembelajarannya lebih efektif dan bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatifteknikmake a match dan yang menggunakan metode konvensional pada materi Perkembangan Teknologi Produksi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 54 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA dan IVB. Sementara sampel penelitian sebanyak 44 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana.Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experimental design (eksperimen yang betul-betul)dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design.Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk uji normalitas data, independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas ekperimen pada pertemuan pertama sebesar79,61 dan pertemuan kedua sebesar85,27.Adapun persentase keaktifan belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar79,61% dengan kriteria keaktifan belajar siswa sangat tinggi dan pertemuan kedua sebesar85,27% dengan kriteria sangat tinggi juga. Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas kontrol pada pertemuan pertama sebesar 70,65 dan pertemuan kedua sebesar 74,86. Adapun persentase keaktifan belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 70,65% dengan kriteria keaktifan belajar siswa tinggi dan pertemuan kedua sebesar 74,86% dengan kriteria tinggi juga. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimensebesar 74,76,sedangkankelas kontrol sebesar 62,83. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung= 2,399 dan signifikannya sebesar 0,021. Harga ttabel dengan dk = 42 dan α = 0,05 yaitu 2,018. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,399>2,018) atau signifikansi 0,021<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatifteknikmake a match berpengaruh efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa kelas IV SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatifteknikmake a match dan yang menggunakan metode konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Kooperatif teknikMake A Match, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:09
    Last Modified: 22 May 2014 08:09

    Actions (login required)

    View Item