PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Rosiana Riestanti, 7101407079 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3332Kb)

    Abstract

    Hasil observasi di SMK N 9 Semarang diperoleh data bahwa hasil belajar mata pelajaran akuntansi masih rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran yang masih banyak belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran akuntansi ada berbagai macam, salah satunya adalah model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Bantuan Macromedia Flash. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar, dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi, dan dapat menuntaskan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK N 9 Semarang yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan tehnik cluster random sampling. Dari hasil tersebut diperoleh kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis 1 menggunakan uji paired sample T-Test, hipotesis 2 menggunakan uji independent sample T-Test, dan hipotesis 3 menggunakan uji one sample T-Test. Berdasarkan uji tahap akhir, data berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis 1, diperoleh t hitung = 10, 82 yang menunjukan ada peningkatan hasil belajar setelah adanya perlakuan. Hipotesis 2 diperoleh signifikansi 0.04<0.05 yang artinya ada perbedaan hasil belajar lebih tinggi antara kelas eksperimen dan kontrol. Hipotesis 3 diperoleh t hitung = 4,210, yang artinya dapat menuntaskan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi, dan dapat menuntaskan hasil belajar pada pokok bahasan jurnal penyesuaian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan macromedia flash dalam pembelajaran jurnal penyesuaian atau pada pokok bahasan lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Bantuan Macromedia Flash, Hasil Belajar, Jurnal Penyesuaian
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22794 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 07:47
    Last Modified: 22 May 2014 07:47

    Actions (login required)

    View Item