PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN POSISI BULAN MELALUI MEDIA BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DEBONG KIDUL KECAMATAN TEGAL SELATAN

Balkin Miftakhur Rizqi, 1402408038 (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN POSISI BULAN MELALUI MEDIA BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DEBONG KIDUL KECAMATAN TEGAL SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN POSISI BULAN MELALUI MEDIA BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DEBONG KIDUL KECAMATAN TEGAL SELATAN)
Download (3433Kb)

    Abstract

    IPA adalah pengetahuan yang rasional dan objektif tentang alam semesta dengan segala isinya. Pembelajaran IPA masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, yaitu pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan yang membuat siswa cenderung pasif. Media berbasis ICT merupakan cara yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran agar siswa menjadi aktif. Media ini berbasis pada penggunaan teknologi komputer yang dapat menciptakan interaksi dan membangun motivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan performansi guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan proses dan hasil belajar IPA materi Posisi Bulan dengan menggunakan media berbasis ICT. Penggunaan media berbasis ICT dalam pembelajaran masih sangat jarang dilakukan oleh guru-guru sekolah dasar, karena penguasaan dalam mengoperasikan komputer masih rendah. Subjek penelitian ini yaitu guru yang mengajar kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 40 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dan siklus II masingmasing terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Cara pengumpulan data melalui tes formatif dan lembar pengamatan. Indikator keberhasilan meliputi pengamatan performansi guru minimal B atau nilai akhir 70. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa ditandai dengan kehadiran siswa dan keterlibatan siswa dalam belajar 75%. Serta hasil belajar siswa secara klasikal 75% siswa yang memperoleh skor > 70. Hasil pre tes yang diperoleh siswa kelas IV yaitu 62,36 dengan ketuntasan belajar siswa 38,46%. Sedangkan hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai pengamatan performansi guru 88 dan meningkat pada siklus II yaitu 95,17. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 81,99% dan pada siklus II meningkat 87,65%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 73,30 dengan ketuntasan belajar siswa 80,00%. Hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata meningkat 79,98 dengan ketuntasan belajar siswa 94,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis ICT dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas IV.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Media Berbasis ICT.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:30
    Last Modified: 22 May 2014 08:30

    Actions (login required)

    View Item