PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEMBAWA KABUPATEN BANJARNEGARA

Tulus Prasetya Heru Priyantoko, 1402408036 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEMBAWA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEMBAWA KABUPATEN BANJARNEGARA)
Download (2988Kb)

    Abstract

    Dari hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sembawa Kabupaten Banjarnegara pada materi menulis deskripsi masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif pembelajaran menulis deskripsi semester genap tahun ajaran 2010/2011. Dari 28 siswa diperoleh skor rata-rata 50,50. Hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta performansi guru kelas IV SD Negeri 2 Sembawa Kabupaten Banjarnegara dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sembawa Kabupaten Banjarnegara pada tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik tes dan nontes. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes esai menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data nontes hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 62,68, dengan ketuntasan belajar klasikal 72%, persentase keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 74,58%, dan nilai performansi guru 78,55 (B). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 73,24, dengan ketuntasan belajar klasikal 96%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 84,83%, dan nilai performansi guru 88,52 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar, performansi guru, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sembawa Kabupaten Banjarnegara. Bedasarkan hasil temuan, disarankan guru bidang studi Bahasa Indonesia hendaknya menerapkan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi, agar siswa tidak jenuh mengikuti proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menulis Deskripsi, Media Gambar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:33
    Last Modified: 22 May 2014 08:33

    Actions (login required)

    View Item