PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN TEMA KEGIATAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG

MUSLIH MUHAMAD NUR, 1402408033 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN TEMA KEGIATAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN TEMA KEGIATAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG)
Download (2360Kb)

    Abstract

    Pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Hasil observasi awal di kelas III SDN Tugurejo 01 Kota Semarang , ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran yang lebih mengaktifkan guru, kurang kreatif, dan lebih banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga suasana kelas kurang bergairah, siswa kurang aktif, dan guru kurang diperhatikan sehingga hasil belajar siswa rendah. Dari data dokumentasi arsip nilai kelas III SDN Tugurejo 01 Kota Semarang menunjukan pada mata pelajaran IPS, IPA, dan Matematika belum optimal, yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada mata pelajaran IPS 40%, IPA 55%, dan Matematika 62,5%. Untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran dengan Tema Kegiatan di kelas III tersebut, peneliti menerapkan model Quantum Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran dengan Tema Kegiatan pada siswa kelas III SDN Tugurejo 01 Kota Semarang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran dengan Tema Kegiatan melalui model Quantum Teaching di kelas III SDN Tugurejo 01 Kota Semarang . Penelitian tindakan kelas ini diaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Tugurejo 01 Kota Semarang . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 30 dengan kategori sangat baik. Dan siklus III memperoleh 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,76 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 21,12 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 24,01 dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 65%, siklus II menjadi 70%, dan siklus III 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema kegiatan. Saran yang dapat disampaikan adalah guru hendaknya melaksanakan pembelajaran tematik menggunakan model yang bervariasi salah satunya adalah model Quantum Teaching.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model Quantum Teaching
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:27
    Last Modified: 22 May 2014 08:27

    Actions (login required)

    View Item