Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas II Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006

Khusnul Khotimah, 3301402080 (2007) Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas II Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil Belajar merupakan hasil dari usaha belajar yang dilaksanakan oleh siswa. Hasil belajar sangatlah penting untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah tercapai secara optimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah guru dan fasilitas belajar. Guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam proses belajar mengajar (PBM). Guru merupakan salah satu komponen pengajar dan memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Kemudian faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain guru adalah fasilitas belajar. Fasilitas belajar merupakan sarana yang harus dimiliki oleh sekolah, dengan sarana yang baik akan memperlancar proses pembelajaran dan hasil belajar dapat dicapai secara optimal. Dari kenyataan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang ” Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas II Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 2) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 3) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 4) Seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimanakah pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 2) mengetahui adakah pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 3) mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 4) mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 119 siswa terbagi dalam 3 (tiga) kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin dengan persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel adalah 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 responden yang tersebar pada 3 (tiga) kelas yaitu kelas II AP 1, II AP 2, dan II AP 3. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran produktif sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa variabel kreativitas guru dalam proses belajar mengajar termasuk dalam kategori kreatif dengan persentase sebesar 69,57%, fasilitas belajar dalam kategori lengkap dengan persentase 54,35%, hasil belajar mata pelajaran produktif dalam kategori tuntas dengan persentase 63,04%. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam proses belajar mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif sebesar 13,84%, fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap mata pelajaran produktif sebesar 6,15%. Secara simultan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif sebesar 36,6%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif. Dilihat dari kreativitas guru dalam proses belajar mengajar, ternyata cara guru merencanakan proses belajar mengajar masih kurang oleh karena itu disarankan guru hendaknya lebih meningkatkan kreativitasnya dalam proses belajar mengajar misalnya sebelum pelajaran dimulai Bapak maupun Ibu guru mengadakan pre test mengenai pelajaran minggu lalu dan mengabsen siswa agar siswanya siap dalam menerima pelajaran. Dilihat dari fasilitas belajar, ternyata penerangan masih kurang mendukung dalam proses belajar mengajar oleh karena itu diharapkan pihak sekolah memperhatikan juga penerangan baik dikelas maupun diruang-ruang praktek agar kegiatan belajar mengajar siswa dapat berjalan dengan lancar. Disamping itu juga hendaknya pihak sekolah menyediakan buku-buku yang menunjang untuk pembelajaran bagi siswanya dan penyediaan buku diperpustakaan diharapkan seimbang dengan jumlah siswa yang membutuhkan sehingga hasil belajar mata pelajaran produktif siswa dapat dicapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Apr 2011 22:00
Last Modified: 25 Apr 2015 00:33

Actions (login required)

View Item