PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011

Sulistiyawati , 7250407109 (2013) PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011)
Download (2292Kb)

    Abstract

    Perataan laba adalah praktik manipulasi laba yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mengurangi fluktuasilaba.Manajemen melakukan perataan laba dengan tujuan untuk mendapatkan penilaian kinerja manajemen yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai perusahaan, kebijakan dividen dan reputasi auditor terhadap praktik perataan laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011.Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling, dari metode tersebut diperoleh sampel penelitian sebanyak 39 perusahaan.Data yang digunakanadalah data sekunder yang diperoleh dengan teknik dokumentasi.Untuk mengidentifikasi perusahaan yang melakukan perataan laba dan perusahaan yang tidak melakukan perataan laba, digunakan metode discretionary accruals dari model Jones yang dimodifikasi.Analisis statistik yang digunakan adalahbinary logistic regression dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variable independen yaitu nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value dan variable kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Rasio, serta variabel reputasi auditor berpengaruh tidak signifikan terhadap perataan laba. Saran pada penelitian ini adalah sebaiknya manajemen tidak hanya memikirkan mengenai nilai perusahaan, tetapi juga memikirkan agar investor tertarik untuk berinvestasi jangka panjang kepada perusahaan, karena diketahui investor di Indonesia cenderung menyukai investasi jangka pendek. Dan untuk pihak investor sebaiknya tidak hanya memusatkan perhatian pada laba perusahaan tetapi juga pada kondisi keuangan dan rasio perusahaan lainnya karena terdapat bukti empiric bahwa perusahaan go public di Indonesia melakukan perataan laba.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Reputasi Auditor dan Praktik Perataan Laba
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 08:38
    Last Modified: 22 May 2014 08:38

    Actions (login required)

    View Item