FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009)

Ekky Anandika Irawan, 7250406611 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009))
Download (1825Kb)

    Abstract

    Ketepatan waktu (timeliness) merupakan salah satu faktor penting dalam menyajikan suatu informasi yang relevan. Dengan ditetapkannya Peraturan Bapepam Nomor X.K.2, dalam Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: KEP-36/PM/2003 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Keuangan Berkala bahwa laporan keuangan harus disampaikan kepada Bapepam selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga (90 hari) setelah tanggal laporan keuangan tahunan. Penelitian kali ini mencoba meneliti kembali faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahan-perusahaan go public yang terdaftar di BEI. Dan apakah faktor-faktor yang mempunyai pengaruh positif tersebut memang akan memberikan pengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada periode penelitian dalam penelitian ini. Faktor-faktor tersebut terdiri dari Rasio Gearing, Profitabilitas, Umur Perusahaan (Age), Ukuran Perusahaan (Size), dan Struktur Kepemilikan (Ownership). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009 yang seluruhnya berjumlah 29 perusahaan bank. Dan sample dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria-kriteria yang di pilih dalam penentuan sample adalah 23 perusahaan bank. Setelah dilakukan pengujian hipotesis (multivariate) secara simultan untuk mengetahui pengaruh dari kelima variabel tersebut, ternyata secara simultan kelima variabel tersebut berpengaruh terhadap Ketepatan waktu pelaporan keuangan, besarnya pengaruh kelima variable tersebut terhadap Ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan adalah 50,9%. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa hanya variable rasio gearing, umur perusahaan dan Struktur Kepemilikan sajalah yang mempengaruhi Ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan, hal ini berarti bahwa rasio Gearing, Umur Perusahaan dan Struktur Kepemilikan diterima. Dan sebagai saran sebaiknya perusahaan menganalisis Ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya teguran atau sanksi dari Bapepam jika perusahaan mengabaikan hal tersebut. Ketepatan waktu pelaporan keuangan merupakan kondisi dimana perusahaan memiliki kepatuhan dalam melaporkan laporan keuangannya secara tepat waktu sesuai aturan yang telah ditetapkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ketepatan Waktu, Rasio Gearing, Profitabilitas, Umur Perusahaan (age), Ukuran Perusahaan (size), Struktur Kepemilikan (own).
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 08:38
    Last Modified: 22 May 2014 08:38

    Actions (login required)

    View Item