PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SDN 4 TEGOREJO KENDAL

Kelik Widayat Dwi NR, 1401911011 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SDN 4 TEGOREJO KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SDN 4 TEGOREJO KENDAL)
Download (3331Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang terjadi guru kurang menerapkan pembelajaran yang variatif dan kurang mengembangkan metode. Guru selalu memandang bahwa pembelajaran harus menghafal, selalu membaca buku, dan mengerjakan soal. Akibatnya siswa merasa jenuh, dan kurang antusias ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas III SDN 4 Tegorejo Pegandon Kendal. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan (penerapan pendekatan inkuiri dengan media video), observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan dilaksanakan 4 tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Tegorejo Pegandon Kendal, dengan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini: (1) Ketrampilan guru pada siklus I diperoleh total skor 13 dengan kategori cukup, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 29 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata perolehan skor aktivitas siswa adalah 22,3 dengan kategori baik, pada siklus II rata-rata perolehan skor aktivitas siswa meningkat menjadi 28,5 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 59 % (20 dari 34 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 72,27 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% (30 dari 34 siswa) dengan nilai rata-rata 84,23. Penggunaan pendekatan inkuiri menggunakan media video pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas III SDN 4 Tegorejo Pegandon Kendal. Pendekatan inkuiri menggunakan media video meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat diterapkan pada pelejaran lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan inkuiri, media video, kualitas pembelajaran IPA
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:42
    Last Modified: 22 May 2014 08:42

    Actions (login required)

    View Item