PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGAWEN 5 DEMAK

Rian Setianingrum, 1401910045 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGAWEN 5 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGAWEN 5 DEMAK)
Download (2815Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA di kelas V SDN Karangawen 5 karena keterampilan guru dalam menyampaikan materi kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata yang ada disekitar siswa, guru belum mendorong siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri dalam pembelajaran IPA serta kurang memberikan kesempatan siswa untuk bertanya. Sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang, kemampuan untuk menemukan sendiri pengatahuan yang sedang dipelajari masih kurang sehingga siswa kesulitan memahami konsep-konsep dalam mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatakan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Karangawen 5 Demak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatakan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Karangawen 5 Demak melalui penerapan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 26 siswa kelas V SDN Karangawen 5 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I guru memperoleh skor 28 kriteria baik, sikus II meningkat menjadi 34 kriteria baik sekali. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa, siklus I memperoleh skor 28,10 kriteria baik, siklus II meningkat dengan skor 31,76 kriteria baik. Hasil belajar pada penelitian ini juga mengalami peningkatan, ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 69,30%, siklus II meningkat menjadi 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karangawen 5 Demak. Melaui ix penelitian ini guru diharapkan lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, kualitas pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:45
    Last Modified: 22 May 2014 08:45

    Actions (login required)

    View Item