PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN GEDANGAN REMBANG

IRFAN BUDI SANTOSA, 1401910037 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN GEDANGAN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN GEDANGAN REMBANG)
Download (4017Kb)

    Abstract

    Dalam proses belajar mengajar siswa kelas V SDN Gedangan pelajaran matematika dianggap mata pelajaran yang paling sulit oleh siswa sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini ditunjukan dari 17 siswa, yang mendapatkan nilai di atas 60 ada 5 siswa (29%) dan 12 siswa (71) mendapatkan nilai di bawah 60. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Model kooperatif tipe STAD menggunakan CD Pembelajaran merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dalam melalui model kooperatif tipe STAD menggunakan CD Pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gedangan yang terdiri dari 17 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 8 siswa dan 9 siswa perempuan serta seorang guru kelas V SDN Gedangan. Variabel / faktor yang diselidiki penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan foto kegiatan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan guru yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 28.5 dengan kriteria baik, pada siklus II skor rata-rata adalah 31 dengan kritera sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatkan yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 17,39 dengan kriteria aktif, pada siklus II skor rata-rata adalah 22,19 dengan kriteria sangat aktif, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71 % dengan kriteria tinggi. Pada siklus II rata-rata hasil belajar adalah 77,5 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar88 % dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian mengenai peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD menggunakan CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gedangan Rembang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PembelajaranMatematika, Model Kooperatif STAD, CD Pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:42
    Last Modified: 22 May 2014 08:42

    Actions (login required)

    View Item