SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DARI PIUTANG PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MAKMUR ABADI KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

Eni Pirnawati NIM 7212309014, 7212309014 (2013) SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DARI PIUTANG PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MAKMUR ABADI KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DARI PIUTANG PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MAKMUR ABADI KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI)
Download (1651Kb)

    Abstract

    Kas merupakan aktiva lancar yang mempunyai sifat paling liquid dan mudah dipindah tangankan.Sistem akuntansi penerimaan kas yang baik harus diterapkan pada koperasi. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan dana dari penerimaan kas. Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Makmur Abadi Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, terdapat adanya perangkapan fungsi yang terkait dengan sistem penerimaan kas dari piutang yaitu penagihan yang seharusnya dilakukan oleh fungsi penagihan akan tetapi bisa dilakukan oleh kasir. Fungsi piutang dan fungsi akuntansi dilakukan oleh satu orang yang sama. Hal itu disebabkan karena dana pada KSU Makmur Abadi masih terbatas, sehingga karyawan pada KSU Makmur Abadi sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, prosedur yang membentuk sistem akuntansi penerimaan kas serta pengendalian intern dalam sistem akuntansi penerimaan kas. Objek penelitian ini adalah KSU Makmur Abadi yang berada di Jl Raya Pati- Porwodadi Km.17 Kec Kayen-Pati.Objek kajian penelitian ini adalah sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pada KSU Makmur Abadi.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pada KSU Makmur Abadi dalam pelaksanaannya melibatkan fungsi yang terkait yaitu fungsi penagihan, fungsi kas, fungsi akuntansi dan fungsi administrasi. Dokumen yang digunakan yaitu surat pemberitahuan, bukti penerimaan kas, bukti pengeluaran kas dan kartu piutang. Catatan akuntansi yang digunakan yaitu jurnal penerimaan kas, neraca, laporan harian kas dan laporan keuangan.Prosedur yang membentuk sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang berupa bagan alir (flowchart).Pengendalian internnya meliputi organisasi, sistem otorisasi dan pencatatan serta praktik yang sehat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pada KSU Makmur Abadi sudah cukup baik namun terdapat kelemahan pada penagihan yang seharusnya dilakukan oleh fungsi penagihan akan tetapi bisa dilakukan oleh kasir. Fungsi piutang dan fungsi akuntansi dilakukan oleh satu orang yang sama. Saran yang dapat diberikan adalah kasir tidak ikut campur dalam dalam penagihan piutang kepada debitur agar kinerja tiap bagian lebih efektif, serta perlu ditambahkannya karyawan yang berkompeten dan pembentukan fungsi piutang agar dapat menjalankan kegiatan operasional lebih baik lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sistem, Akuntansi, Penerimaan Kas, Piutang
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 09:01
    Last Modified: 22 May 2014 09:01

    Actions (login required)

    View Item