PERAN CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2011

Idah , 7211409040 (2013) PERAN CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERAN CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2011)
Download (4Mb)

    Abstract

    Sustainability report adalah laporan sukarela untuk menyajikan laporan tanggung jawab perusahaan aspek sosial, ekonomi, lingkungan. Ini adalah bagian dari pengungkapan perusahaan untuk mendapatkan legitimasi dari para stakeholder. Teori stakeholder dan legitimasi menjelaskan bahwa pengungkapan sustainability report merupakan cara perusahaan dalam mendapatkan legitimasi dari masyarakat sebagai pelaksanaan good corporate governance. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran corporate governance (dewan komisaris, komite audit, dewan direksi, governance committee) dan karakteristik perusahaan (profitabilitas, likuiditas, leverage, aktivitas perusahaan dan ukuran perusahaan) terhadap pengungkapan sustainability report. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2011. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 61 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2010-2011 sebanyak 122 annual report. Metode analisis data penelitian ini yaitu regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel dewan direksi, governance committee, profitabilitas dan ukuran perusahaan berperan positif terhadap pengungkapan sustainability report. Dewan komisaris, komite audit, likuiditas, leverage, dan aktivitas perusahaan tidak berperan terhadap pengungkapan sustainability report. Simpulan dari penelitian adalah variabel dewan direksi, governance committee, profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat memberikan peran penting dalam pengungkapan sustainability report. Saran untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan pengukuran variabel yang berbeda, dengan jenis perusahaan yang sama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sustanability Report, Dewan Komisaris, Komite Audit, Dewan Direksi, Governance Committee, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas Perusahaan, Ukuran Perusahaan.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:32
    Last Modified: 22 May 2014 11:32

    Actions (login required)

    View Item