PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN RASIO KEUANGAN (LEVERAGE, LIQUIDITY, PROFITABILITY) TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI

Hilda Indria Septyawanti, 7211409034 (2013) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN RASIO KEUANGAN (LEVERAGE, LIQUIDITY, PROFITABILITY) TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN RASIO KEUANGAN (LEVERAGE, LIQUIDITY, PROFITABILITY) TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI)
Download (1162Kb)

    Abstract

    Peringkat Obligasi yang dikeluarkan oleh agen pemeringkatan merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan oleh investor dalam menyeleksi obligasi. Peringkat yang dikeluarkan dapat memberikan sinyal mengenai probabilitas kegagalan utang suatu perusahaan kepada pengguna laporan keuangan yaitu investor. Agen pemeringkatan menilai perusahaan dari berbagai aspek, seperti faktor akuntansi dan non akuntansi yang dapat mempengaruhi investasi pada obligasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh konservatisme akuntansi dan rasio keuangan (leverage, liquidity, profitability) terhadap peringkat obligasi. Subyek penelitian ini adalah perusahaan yang telah diperingkat oleh Indonesia Bond Market Directory tahun 2008, 2009, dan 2010. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 75 sampel yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan database peringkat obligasi Indonesia Bond Market Directory, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa konservatisme akuntansi dan rasio keuangan (leverage, liquidity, profitability) berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Pengujian parsial menunjukan konservatisme akuntansi, dan liquidity tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Leverage dan profitability berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa leverage dan profitability terbukti mampu mempengaruhi peringkat obligasi. Informasi yang dihasilkan dari laporan keuangan efektif untuk bahan analisis dalam mengambil sebuah keputusan. Investor yang berkeinginan untuk berinvestasi pada sekuritas obligasi, hendaknya memperhatikan faktor konservatisme akuntansi dan analisis rasio keuangan dan memanfaatkan peringkat obligasi yang telah dikeluarkan oleh agen pemeringkatan sebagai bahan pertimbangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peringkat Obligasi, Konservatisme Akuntansi, Leverage, Liquidity, Profitability, Regresi Logistik.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:33
    Last Modified: 22 May 2014 11:33

    Actions (login required)

    View Item