PENGARUH CASH FLOW, COMPANY GROWTH, PROFITABILITY, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI

Yuliani Diah Saputri, 7211409031 (2013) PENGARUH CASH FLOW, COMPANY GROWTH, PROFITABILITY, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH CASH FLOW, COMPANY GROWTH, PROFITABILITY, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI)
Download (1513Kb)

    Abstract

    Fenomena risiko bisnis yang terjadi pada PT Kimia Farma Tbk. dan perusahaan lainnya disebabkan adanya konflik kepentingan seperti yang dijelaskan dalam teori agensi (agency theory). Konflik tersebut dapat dikurangi dengan adanya penerapan prinsip konservatisme akuntansi. Teori agensi didukung oleh teori sinyal yanng menjelaskan bahwa penerapan konservatisme akuntansi merupakan sinyal yang diberikan perusahaan untuk menghindari perilaku oportunistik manajer. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cash flow, company growth, profitability, dan investment opportunity set (IOS) terhadap konservatisme akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2010 yang melaporkan laporan keuangan yang lengkap dan dipublikasikan pada Indonesian Capital Market Directory. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang sesuai dengan kriteria sebanyak 53 perusahaan. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 16 for windows. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa cash flow, company growth, profitability, dan investment opportunity set (IOS) berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Pengujian parsial menunjukkan cash flow dan company growth tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Profitabilitydan investment opportunity set berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi. Simpulan dari penelitian ini yaitu profitabilitydan investment opportunity set (IOS) terbukti mampu meningkatkan nilai market to book ratio sebagai proksi dari konservatisme akuntansi. Saran bagi perusahaan, untuk lebih meningkatkan integritas perusahaan dalam penerapan konservatisme akuntansi, sehingga konflik kepentingan dalam perusahaan dapat diminimalisir.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Cash Flow, Company Growth, Profitability, Investment Opportunity Set.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:33
    Last Modified: 22 May 2014 11:33

    Actions (login required)

    View Item