PEMANFAATAN SITUS MAKAM KI AGENG SELO DI KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS SEJARAH LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PULOKULON

Puji Slamet, NIM 3101408049 (2013) PEMANFAATAN SITUS MAKAM KI AGENG SELO DI KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS SEJARAH LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PULOKULON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN SITUS MAKAM KI AGENG SELO DI KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS SEJARAH LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PULOKULON)
Download (2392Kb)

    Abstract

    Selama ini pemanfaatan situs bersejarah masih belum maksimal, karena pada saat mengunjungi lokasi situs bersejarah lebih ditekankan pada aspek rekreasinya dari pada aspek belajar. Di Kabupaten Grobogan banyak terdapat situs-situs makam yang bernilai sejarah. Dan salah satu adalah situs makam Ki Ageng Selo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X-1 dengan menggunakan situs makam Ki Ageng Selo telah mencapai kriteria ketuntasan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X-3 dengan menggunakan pendekatan ceramah di dalam kelas telah mencapai kriteria ketuntasan. (3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan situs makam Ki Ageng Selo dalam kegiatan pembelajaran sejarah berbasis sejarah lokal terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulokulon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat eksperimental. Lokasi penelitian yang dipilih adalah di SMA Negeri 1 Pulokulon. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 234 siswa. Adapun pengambilan sempel adalah dengan cara random sampling dengan cara dipilih dua populasi kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa kelas X-1 dengan menggunakan situs makam Ki Ageng Selo telah mencapai kriteria ketuntasan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80.69 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 97,436% ≥85 %. (2) Hasil belajar siswa kelas X-3 dengan menggunakan pendekatan ceramah di dalam kelas telah mencapai kriteria ketuntasan. Rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 70.44 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 64,103%<85%. (3) Terdapat pengaruh pemanfaatan situs makam Ki Ageng Selo dalam kegiatan pembelajaran sejarah berbasis sejarah lokal terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulokulon. Saran dari penelitian ini adalah guru terus melakukan inovasi dalam pembelajaran, seperti memanfaatkan situs-situs lokal sebagai sumber belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Situs, Makam, Sejarah Lokal, Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: Users 1771 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:49
    Last Modified: 22 May 2014 11:49

    Actions (login required)

    View Item