DETERMINAN LUAS PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERBANKAN TAHUN 2009-2011

Henggar Malika Purna Cahya, NIM 7211409017 (2013) DETERMINAN LUAS PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERBANKAN TAHUN 2009-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (DETERMINAN LUAS PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERBANKAN TAHUN 2009-2011) - Published Version
Download (1385Kb)

    Abstract

    Pengungkapan modal intelektual merupakan informasi yang bernilai bagi investor untuk mengurangi ketidakpastian mengenai prospek ke depan dan memfasilitasi ketepatan penilaian terhadap perusahaan. Tingginya peran modal intelektual di era ekonomi masa kini ketika sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan merupakan sumber keunggulan kompetitif perusahaan menjadi alasan atas pentingnya kepemilikan modal intelektual oleh suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja modal intelektual, tingkat utang, ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, konsentrasi kepemilikan saham dan umur listing terhadap luas pengungkapan modal intelektual. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kinerja modal intelektual, tingkat utang, ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan saham. Umur listing merupakan variabel pengendali dalam penelitian ini, serta luas pengungkapan modal intelektual sebagai variabel dependen. Sampel penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode penelitian tahun 2009 sampai 2011. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 75 pengamatan yang menjadi sampel. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan pemenuhan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, dan ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan modal intelektual. Sedangkan, kinerja modal intelektual, tingkat utang, dan konsentrasi kepemilikan saham tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan modal intelektual. Saran bagi penelitian selanjutnya, supaya menggunakan jenis perusahaan lain sehingga hasilnya dapat digeneralisasi dan menggunakan pengukuran yang berbeda seperti debt to asset ratio.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Modal Intelektual, Kinerja Modal Intelektual, Tingkat Utang, Ukuran Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, Konsentrasi Kepemilikan Saham, Umur Listing.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:51
    Last Modified: 22 May 2014 11:51

    Actions (login required)

    View Item