ANALISIS DAYA SAING TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT DENGAN PENDEKATAN REVEALED COMPARATIVE ADVANTAGE DAN CONSTANT MARKET SHARE

I’id Badry Sa’idy , 7111409057 (2013) ANALISIS DAYA SAING TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT DENGAN PENDEKATAN REVEALED COMPARATIVE ADVANTAGE DAN CONSTANT MARKET SHARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS DAYA SAING TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT DENGAN PENDEKATAN REVEALED COMPARATIVE ADVANTAGE DAN CONSTANT MARKET SHARE)
Download (2223Kb)

    Abstract

    Sektor industri Tekstil dan Produk Tektil (TPT) merupakan sektor industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Dalam perdagangan Indonesia komditas TPT merupakan komoditas ekspor andalan dengan nilai ekspor tertinggi diantara sepuluh komoditas unggulan ekspor indonesia. Pasar tujuan utama komditas TPT Indonesia adalah Amerika Serikat dimana negara tersebut mampu menyerap 39% dari total Ekspor TPT Indonesia. Dihapusnya kuota perdagangan TPT di Amerika serikat pada 1 Januari 2005 menyebakan semakin terbukanya peluang bagi negara lain untuk memasuki pasar Amerika Serikat. Hal ini membuat persaingan di pasar Amerika Serikat semakin ketat Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing komoditas TPT Indonesia di amerika serikat baik sebelum atau sesudah dihapusnya kuota perdagangan TPT. Selain untuk mengetahui daya saing penelitian ini juga bertujuan untuk mendekomposisikan determinan pertumbuhan TPT Indonesia ke Amerika Serikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data time series perdagangan Indonesia dan dunia dengan Amerika. Serikat dengan periode waktu 2000 – 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk mengetahui daya saing komoditas TPT Indonesia. sedangkan untuk mendekomposisikan determinan pertumbuhan ekspor TPT Indonesia ke Amerika Serikat digunakan metode Constant Market Share (CMS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai RCA komoditas TPT Indonesia di Amerika Serikat selalu lebih besar dari 1. Dengan rata-rata nilai mencapai 4,2. Indeks RCA komoditas TPT Indonesia menunjukkan tren naik seblum periode penghapusan kuota namun setelah penghapusan kuota indeks RCA memiliki kecenderungan menurun. Hasil perhitugan CMS menunjukkan bahwa periode sebelum penghapusan kuota faktor yang dominan mempengaruhi pertumbuhan ekspor adalah efek distribusi pasar sedangkan untuk periode setelah penghapusan kuota pertumbuhan ekspor TPT dipengaruhi oleh efek distribusi pasar dan efek daya saing. Dari hasil temuan tersebut beberapa saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) mempertahankan daya saing melalui kebijakan harga dan peningkatan kualitas TPT Indonesia. (2) Diperlukan adanya pasar baru guna mengatasi ketergantungan terhadap pasar utama saat ini. (3) perlunya penambahan kapasitas produksi (4) mengkonsentrasikan ekspor pada komoditas yang lebih elastis terhadap pendapatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Daya Saing, TPT, Revealed comparative advantage, constant market share.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 11:58
    Last Modified: 22 May 2014 11:58

    Actions (login required)

    View Item