PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGANYAR 02

INDRA PRADANA KUSUMA, 1401409319 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGANYAR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGANYAR 02)
Download (1673Kb)

    Abstract

    Ruang lingkup pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat aspek penting yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis sebagai salah satu empat keterampilan berbahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung (Wagiran, 2009:12). Pengamatan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Karanganyar 02 pada pembelajaran menulis pantun menunjukkan siswa kurang antusias dan belum berperan aktif. Dari 40 siswa, data hasil belajar menunjukkan 25 siswa (62%) belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Alternatif tindakan untuk mengatasi masalah ini adalah melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powerpoint. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis pantun kelas IV SDN Karanganyar 02 ?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis pantun melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powerpoint siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 02. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 02. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Hasil penelitian ini adalah aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 16,67 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 21,15 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 26,00 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis pantun siklus I memperoleh rata-rata skor 69,87 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 75,75 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 80,87 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis pantun kelas IV SD Negeri Karanganyar 02. Saran dari peneliti adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powerpoint dapat dijadikan acuan bagi pendidik ketika melakukan kegiatan pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis pantun.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis pantun, Think Pair Share, Powerpoint
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:01
    Last Modified: 22 May 2014 12:01

    Actions (login required)

    View Item