PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG

INDAH PINTA SARI, 1401409254 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG)
Download (5Mb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SDN Patemon 01 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV. Guru dalam pembelajaran bahasa Jawa masih menggunakan metode kurang bervariasi, belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, serta ketuntasan hasil belajar klasikal hanya mencapai 38%.. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas tersebut peneliti menerapkan model Problem Based Intruction dengan media flashcard. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model Problem Based Intruction dengan media flashcard pada pembelajaran menulis aksara Jawa dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Patemon 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model Problem Based Intruction dengan media flashcard yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamantan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Patemon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 23 kategori cukup, pada siklus II skor 29 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 37 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 22.4 kategori cukup, pada siklus II skor 27.8 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 33.2 kategori sangat baik. (3) keterampilan menulis siswa siklus I mendapatkan skor 6.9 kategori cukup, pada siklus II skor 7.5 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 10 kategori sangat baik. (4) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 57% meningkat pada siklus II menjadi 76%, dan meningkat pada siklus III menjadi 89%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Problem Based Intruction dengan media flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jawa meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa. Hendaknya model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media flashcard diterapkan dan dikembangkan karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, aksara Jawa, Model Pembelajaran Problem Based Intruction, flashcard
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:10
    Last Modified: 22 May 2014 12:10

    Actions (login required)

    View Item