PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI ISI CERITA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02

Bintari Wahyu Setianingrum, 1401409242 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI ISI CERITA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI ISI CERITA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02)
Download (3412Kb)

    Abstract

    Terdapat permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekaran 02 yaitu tentang keterampilan menulis siswa belum maksimal. Hal ini karena penggunaan model dan media pembelajaran yang tidak efektif dan kurang maksimal. Berdasarkan hasil nilai semester I tahun 2012/2013, hanya 8 dari 25 siswa yang mencapai KKM (32%). Maka perlu adanya perbaikan pembelajaran. Masalah yang diteliti antara lain, bagaimana model pembelajaran CIRC menggunakan media komik dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siswa kelas V SDN Sekaran 02? Dan bagaimana model pembelajaran CIRC menggunakan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis kembali isi cerita dengan pemilihan kata yang sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada siswa kelas V SDN Sekaran 02? Adapun tujuan penelitian ini adalah, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis kembali isi cerita melalui model pembelajaran CIRC menggunakan media komik siswa kelas V SDN Sekaran 02 dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis kembali isi cerita dengan pemilihan kata yang sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui model pembelajaran CIRC menggunakan media komik siswa kelas V SDN Sekaran 02. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sekaran 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan melalui model pembelajaran CIRC meningkatkan keterampilan menulis kembali Siswa SD kelas V. Terbukti dengan peningkatan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 21 berkriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 24,84 berkriteria baik dan siklus III memperoleh skor 25,64 berkriteria baik. Keterampilan menulis siswa pada siklus I memperoleh rata skor 2,69 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh rata skor 2,96 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata skor 3,14 dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal nilai hasil keterampilan menulis pada siklus I persentase 44%, siklus II persentase 72%, dan siklus II persentase 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menggunakan media ix komik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis kembali isi cerita siswa kelas V SDN Sekaran 02. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan kemampuan menulis, hendaknya diterapkan model dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga menumbuhkan semangat belajar siswa dan menggali potensi keterampilan berbahasa siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: menulis kembali isi cerita, model CIRC, media komik.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:16
    Last Modified: 22 May 2014 12:16

    Actions (login required)

    View Item