EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL PENUTUP DAN JURNAL PEMBALIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2012/2013

Nurul Basyariyah , 7101409170 (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL PENUTUP DAN JURNAL PEMBALIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL PENUTUP DAN JURNAL PEMBALIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3188Kb)

    Abstract

    Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Harapannya dalam proses KBM siswa berperan aktif, memahami materi yang diajarkan dan saat evaluasi siswa memperoleh hasil belajar di atas standart nilai KKM. Data nilai siswa kelas XI IPS pada pokok bahasan jurnal penutup dan jurnal pembalik menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa materi pokok bahasan jurnal penutup dan jurnal pembalik perlu inovatif model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) menjadi salah satu model pembelajaran yang diharapkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) efektif dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dan hasil belajar akuntansi lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dempet tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Sampel penelitian diambil dengan metode pengundian yang kemudian didapat kelas XI IPS 3 kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-tets dan uji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 60 dan post-test sebesar 81,9 pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 81,9 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 77,7. Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) karena terbukti efektif meningkatkan hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal penutup dan jurnal pembalik. Siswa diharapkan lebih memperdalam materi yang belum dikuasai.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions), Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 12:19
    Last Modified: 22 May 2014 12:19

    Actions (login required)

    View Item