MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSUMSI DENGAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 COMAL

Novilia Isnawati, 7101409162 (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSUMSI DENGAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 COMAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSUMSI DENGAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 COMAL)
Download (2125Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Comal berawal dari penggunan metode dan model pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran. Dalam pembelajaran guru cenderung masih menggunakan ceramah, sehingga menyebabkan kurangnya interaksi dan motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa menjadi cepat bosan dan pemahaman serta penguasaan materi dari para siswa masih kurang baik. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Muhammadiyah 2 Comal, diperoleh data bahwa 57,14% siswa belum tuntas dalam pembelajaran materi kegiatan konsumsi. Kondisi seperti ini diduga disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran yang tepat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Comal dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,4 dengan ketuntasan klasikal 73,2%. Hasil penelitian siklus II menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil aktivitas siswa dan guru meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 85% pada siklus II, sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 93,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi kegiatan konsumsi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru hendaknya mampu menguasai kelas dengan baik, dan memilih metode yang tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quantum Teaching.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 12:20
    Last Modified: 22 May 2014 12:20

    Actions (login required)

    View Item