PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VB SDN TAMBAKAJI 04

Catur Putri Rochmaningtyas, 1401409236 (2013) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VB SDN TAMBAKAJI 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VB SDN TAMBAKAJI 04)
Download (5Mb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksimalnya pembelajaran IPA pada kelas VB SDN Tambakaji 04.Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam menggunakan pembelajaran yang inovatif dan penggunaan media sehingga kurang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran.Hasil belajar siswa pra siklus yaitu 54,54% yang nilainya diatas KKM atau tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui model Group Investigation dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model Group Investigation dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru?, 2) bagaimana penerapan model Group Investigation dengan media video dapat meningkatkan aktivitas siswa?, 3) bagaimana penerapan model Group Investigation dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa?.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Tambakaji 04.Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II meenjadi skor 38,5 dengan kategori baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 18,89 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi skor 22,86 dengan kategori baik, (3) persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus yaitu 54,54% meningkat pada siklus I menjadi70,45% dan siklus II menjadi 84,09% Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Group Investigation dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputiketerampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Tambakaji 04. Saran bagi guruseyogyanya memilih model inovatif serta media yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Group Investigation, video, kualitas pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:20
    Last Modified: 22 May 2014 12:20

    Actions (login required)

    View Item