PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03

MAULIDIN NUR SECHA, 1401409209 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03)
Download (4Mb)

    Abstract

    Hasil observasi awal pada kelas IV SDN Gunungpati 03 menunjukkan guru kurang mengoptimalkan dalam penerapan pembelajaran yang inovatif, aktivitas siswa masih rendah dan nilai mata pelajaran PKn siswa masih rendah. Rumusan masalah umum yaitu apakah melalui strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 03?, rumusan masalah khususnya adalah (1) apakah melalui strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD Pembelajaran keterampilan guru dapat meningkat? (2) apakah melalui strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD Pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn? (3) apakah melalui strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD Pembelajaran hasil belajar dalam pembelajaran PKn dapat meningkat?. Tujuan umum adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 03. Tujuan khususnya adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn; (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran; (3) meningkatan hasil belajar siswa dalm pembelajaran PKn. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD pembelajaran yang terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 03. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 23 pada siklus I menjadi 30 pada siklus II dengan kategori baik. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan perolehan skor 14 meningkat menjadi 19 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 50% dengan rata-rata nilai 60 meningkat menjadi 82% dengan rata-rata nilai 71. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran concept mapping dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 pada pembelajaran PKn. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya melakukan refleksi dan revisi dalam setiap pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Concept mapping, CD Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:59
    Last Modified: 22 May 2014 12:59

    Actions (login required)

    View Item