PENGARUH CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013.

Kurniati , 7101409146 (2013) PENGARUH CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013.)
Download (3671Kb)

    Abstract

    Hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh cara belajar, lingkungan keluarga, dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2012/2013 secara simultan maupun parsial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara cara belajar, lingkungan keluarga, dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2012/2013 secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batang dengan sampel sebanyak 94 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel terikat yaitu hasil belajar (Y) dan variabel bebas yaitu cara belajar (X1), lingkungan keluarga (X2), dan pemanfaatan sumber belajar (X3). Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Pengolahan data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 19. Hasil uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara cara belajar, lingkungan keluarga, dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar sebesar 34,2% sedangkan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara cara belajar terhadap hasil belajar sebesar 5,15%, ada pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar sebesar 4,2%, dan ada pengaruh positif antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar sebesar 11,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara cara belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2012/2013 baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswa hendaknya mengulangi bahan pelajaran serta meningkatkan pemanfaatan sumber belajar terutam perpustakaan. Bagi guru hendaknya memberikan stimulus agar siswa mengulangi bahan pelajaran di rumah. Bagi sekolah perlu meningkatkan pelayaan yang lebih baik perpustakaan. Bagi orang tua hendaknya memperhatikan cara mendidik anak yang baik dan peneliti lain hendaknya mengadakan penelitian sejenis dengan mengkaji variabel lain yang lebih berpengaruh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Sumber Belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 12:59
    Last Modified: 22 May 2014 12:59

    Actions (login required)

    View Item