PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01

KUNI MUSTANIROH, 1401409206 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01) - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Pada awalnya, pembelajaran IPA yang terjadi di kelas IV SDN Mangkangkulon 01 yaitu guru belum menghadirkan permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari yang mangakibatkan hasil belajar siswa rendah, yaitu dari 36 siswa hanya 14 siswa (38,9%) yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 61. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan tindakan melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media Crossword Puzzle. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN Mangkangkulon 01, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model PBI dengan media Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam III siklus dengan tahap tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangkangkulon 01 dengan subjek penelitiannya adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 36. Variabel penelitiannya adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi dan nontes berupa pengamatan. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori baik (B), pada siklus II memperoleh skor 26 dengan kaegori baik (B) dan pada siklus III meningkat kembali dengan perolehan skor 30 yang termasuk kategori sangat baik (A). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 14,3 dengan kategori cukup (C), pada siklus II memperoleh skor rata-rata 21,8 dengan kategori baik (B) dan pada siklus III meningkat kembali dengan perolehan skor rata-rata 22,75 yang termasuk kategori baik (B). sedangkan hasil belajar siswa peda siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 63,8%, pada siklus II diperoleh 72,2 % dan pada siklus III diperoleh 83,3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Mangkangkulon 01. Saran bagi guru yaitu model PBI dengan media Crossword Puzzle dapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Problem Based Instruction (PBI), Crossword Puzzle
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:59
    Last Modified: 22 May 2014 13:05

    Actions (login required)

    View Item