PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI

Latifah Milatillah, 7101409113 (2013) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI)
Download (3034Kb)

    Abstract

    Pelaksanaan pembelajaran kompetensi dasar menerima dan menyampaikan informasi kelas X AP SMK Muhammadiyah 1 Weleri kurang maksimum. Siswa terlihat kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Siswa terlihat kurang terampil dan terlihat kaku dalam presentasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah 1 Weleri? Tujuan prnrlitian untuk mengetahui penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah 1 Weleri. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah 1 Weleri yang berjumlah 40 siswa. Data keterampilan diperoleh dari tes keterampilan komunikasi yang dilaksanakan pada setiap siklus. Data keakifan siswa dan kinerja guru dari lembar observasi. Siswa dinyatakan terampil dalam berkomunikasi apabila siswa mendapat skor sejumlah dalam persentase 81,24% - 62,50%. Hasil penelitian bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah 1 Weleri. Dilihat pada siklus I persentase kumulatif keterampilan komunikasi siswa mencapai 66,91% yang masuk dalam kategori mampu, dan untuk ketuntasan hasil belajar yaitu 57,5%. Sedangkan suklus II persentase kumulatif keterampilan komunikasi mengalami peningkatan menjadi 79% yang masuk dalam kategori mampu, dan untuk ketuntasan hasil belajarnya yaitu 80%. Simpulannya terdapat peningkatan keterampilan komunikasi siswa, aktifitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share, maka penulis dapat mengajukan saran sebagai berikut:1) bagi siswa diharapkan bias lebih tenang dalam kegiatan proses pembelajaran, 2). Bagi guru dapat memberikan variasi model pembelajaran lain pada mata pelajaran komunikasi di kompetensi dasar berikutnya, 3). Bagi sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran lainnya yang sesuai, 4). Bagi peneliti hasil penelitian ini dapat diajadikan sebagai acuan dalam melakukan menelitian selanjutnya dengan menambah variasi dalam penggunakan model pembelajaran dan menambah media atau alat batu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Keterampilan Komunikasi.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 13:05
    Last Modified: 22 May 2014 13:05

    Actions (login required)

    View Item