PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI BUTA BERIRAMA DENGAN MENGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DEMOSTRASI END DRILLING (CpDnD ) BERBANTU MEDIA VISUAL “RAPID TYPING” PADA SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 BLORA”

Sri Setiyo Rini , 7101409069 (2013) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI BUTA BERIRAMA DENGAN MENGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DEMOSTRASI END DRILLING (CpDnD ) BERBANTU MEDIA VISUAL “RAPID TYPING” PADA SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 BLORA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI BUTA BERIRAMA DENGAN MENGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DEMOSTRASI END DRILLING (CpDnD ) BERBANTU MEDIA VISUAL “RAPID TYPING” PADA SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 BLORA”)
Download (2133Kb)

    Abstract

    Keterampilan mengetik 10 jari buta berirama yang dimiliki siswa kelas X AP SMK N 2 Blora masih tergolong belum mampu. Hasil observasi menemukan bahwa cara mengetik siswa tidak sesuai dengan sistem 10 jari buta berirama. Pandangan mata masih tertuju ke naskah. Cara tersebut akan menimbulkan tidak efektifnya waktu dan hasil ketikan. Upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran mengetik sesuai sistem yaitu dengan adanya inovasi pengembangan metode pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Metode yang diterapkan dalam mata pelajaran mengetik ini adalah metode ceramah plus demonstrasi end drilling berbantu media visual Rapid Typing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP MSK N 2 Blora berjumlah 71 siswa. Responden akan diberikan pembelajaran mengetik menggunakan metode ceramah plus demonstrasi end drilling berbantu media visual Rapid Typing, metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, test, dan observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan siswa lebih baik dari sebelum menggunakan metode ceramah plus demonstrasi end drilling berbantu media visual Rapid Typing. Presentase keterampilan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 56% dengan kategori cukup terampil, setelah diadakan siklus II keterampilan siswa meningkat sebesar 69,6% dengan kategori terampil. Setelah melakukan siklus III menjadi 87,2% dengan kategori sangat terampil. Peningkatan keterampilan siswa berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,65 dengan ketuntasan klasikal 56,33% termasuk kategori cukup tinggi. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,37 dengan ketuntasan klasikal 84,50% termasuk kategori tinggi. Pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,15 dengan ketuntasan klasikal 100% termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan mengetik dengan sistem 10 jari buta berirama menggunakan metode ceramah plus demonstrasi end drilling berbantu media visual Rapid Typing yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai alternatif pengembangan metode dan media pembelajaran mengetik manual, karena dapat meningkatkan keterampilan sekaligus hasil kecepatan dengan tingkat kesalahan kecil.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Improving the Rhythmic Blind 10 Fingers Typing skills, Lecture Plus End Drilling Demonstration Methods, Visual Media "Rapid Typing"
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 13:40
    Last Modified: 22 May 2014 13:43

    Actions (login required)

    View Item