PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 SEMARANG

Erna Sasmita, 7101409065 (2013) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal kesiapan belajar, disiplin belajar dan manajemen waktu siswa cukup baik, akan tetapi motivasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di SMK Negeri 2 Semarang masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kesiapan belajar, disiplin belajar, manajemen waktu dan motivasi belajar siswa? (2) Adakah pengaruh kesiapan belajar, disiplin belajar dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kesiapan belajar, disiplin belajar, manajemen waktu dan motivasi belajar siswa. (2) Pengaruh kesiapan belajar, disiplin belajar dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang yang berjumlah 103 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 19. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = -3,709 + 0,431X1 + 0,341X2 + 0,405X3. Uji F diperoleh Fhitung = 178,606, sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) variabel kesiapan belajar (X1) diperoleh thitung = 4,362, sehingga H2 diterima. Variabel disiplin belajar (X2) diperoleh thitung = 2,379, sehingga H3 diterima. Variabel manajemen waktu (X3) diperoleh thitung = 3,830, sehingga H4 diterima. Secara simultan (R2) kesiapan belajar, disiplin belajar dan manajemen waktu berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 83,9%. Simpulan penelitian ini adalah kesiapan belajar dalam kategori tinggi sebesar 69%, disiplin belajar dalam kategori tinggi sebesar 71%, manajemen waktu dalam kategori cukup sebesar 67% dan motivasi belajar dalam kategori cukup sebesar 64%. Kesiapan belajar, disiplin belajar dan manajemen waktu berpengaruh terhadap motivasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah siswa perlu mempunyai keberanian untuk mengemukakan ide dan pendapat pada saat proses belajar mengajar dengan cara melakukan persiapan tentang materi yang akan dibicarakan dalam forum. Siswa hendaknya tetap belajar meskipun tidak ada pekerjaan rumah. Siswa hendaknya mengatur jadwal belajar dengan baik agar tidak berbenturan dengan aktivitas yang lainnya. Siswa hendaknya berlatih mengerjakan soal-soal latihan meskipun sulit dan tidak disuruh oleh guru untuk menambah pengetahuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22782 not found.
    Date Deposited: 22 May 2014 13:40
    Last Modified: 22 May 2014 13:40

    Actions (login required)

    View Item