PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG

FERRY KURNIAWATY, 1401409191 (2013) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 03 KOTA SEMARANG)
Download (7Mb)

    Abstract

    Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, serta memiliki kesadaran terhadap nilai-nilai sosial, dan bekerjasama serta berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global. Hasil observasi di kelas IV SDN Tugurejo 03 menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS masih rendah, karena guru mendominasi kegiatan pembelajaran melalui metode ceramah. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru kurang memotivasi siswa, hal ini menyebabkan siswa kurang berani bertanya dan menyampaikan pendapat. Guru belum memanfaatkan sarana prasarana secara maksimal dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Hal ini mengakibatkan siswa kurang antusias mengikuti pelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi peta konsep dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Tugurejo 03?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui strategi peta konsep dengan media audiovisual. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas 3 siklus masing-masing siklus satu kali pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Tugurejo 03 Semarang, dengan jumlah siswa 39 orang (16 laki-laki dan 23 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan, teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS melalui strategi peta konsep dengan media audio visual. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 32 dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor 37 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18,71 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 23,09 dengan kategori baik, siklus III memperoleh rata-rata 31,92 dengan kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 51,28%, meningkat pada siklus II menjadi 74,35%, dan meningkat pada siklus III menjadi 89,74%. Simpulan dari penelitian adalah melalui penerapan strategi peta konsep dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi penelitian adalah sebaiknya guru menerapkan strategi peta konsep dengan media audio visual dalam pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS serta dapat meningkatkan keaktifan siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi peta konsep, media audio visual, kualitas pembelajaran IPS
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 13:44
    Last Modified: 22 May 2014 13:44

    Actions (login required)

    View Item