PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG

IHSANIYAH FITRIANI, 1401409187 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG)
Download (5Mb)

    Abstract

    PKn bertujuan agar peserta didik mmiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, bertindak cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi. Berdasarkan observasi awal di SDN Bringin 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di kelas V. Kualitas pembelajaran masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang kurang optimal dimana siswa merasa bosan mendengarkan penjelasan guru, siswa belum aktif dalam pembelajaran.Media yang digunakan guru masih terbatas. Guru juga belum membentuk kelompok belajar yang heterogen dan belum memaksimalkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakahmodel Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Bringin 02. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Bringin 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audiovisualyang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Bringin 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan guru siklus 1 mendapat skor 29 (baik), meningkat siklus 2 menjadi 38,5 (sangat baik), aktivitas siswa siklus 1 mendapat skor 27,01 (baik), meningkat siklus 2 menjadi 34,4 (sangat baik), hasil belajar klasikal siswa siklus 1 51,25% meningkat pada siklus 2 menjadi 80,5% dan sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Peningkatan yang signifikan terjadi setiap siklusnya. Hal ini menunjukan bahwa penelitian ini telah berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Saran bagi guru adalah model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media audiovisual dapat menjadi solusi dalam melaksanakan pembelajaran PKn di kelas V.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, model Team Assisted Individualization (TAI), audiovisual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 10 Oct 2013 05:47
    Last Modified: 10 Oct 2013 05:47

    Actions (login required)

    View Item