KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GLOBALISASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA BANYUMAS

Umtikhah Nurul Hijriyah, 1401409121 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GLOBALISASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GLOBALISASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA BANYUMAS)
Download (2233Kb)

    Abstract

    PKn adalah mata pelajaran yang sebagian besar berisi pengetahuanpengetahuan yang bersifat hafalan, sehingga sering kali siswa dituntut untuk mengingat materi yang banyak tanpa ada pemahaman dalam diri siswa. Dalam pembelajaran PKn, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran PKn. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran PKn adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Model ini membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda dan menerapkan bimbingan antar teman, yaitu siswa yang pandai bertanggung jawab kepada siswa yang lemah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model pembelajaran TAI dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran TAI dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya Banyumas tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 89 siswa. Sementara sampel penelitian sebanyak 56 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,037 dan signifikansinya sebesar 0,047. Harga ttabel dengan dk = 55 dan α = 0,05 yaitu 2,004. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,037 > 2,004) atau signifikannya 0,047 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa dan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya pada materi Globalisasi antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI dan yang menggunakan model konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Users 22789 not found.
    Date Deposited: 07 Oct 2013 08:19
    Last Modified: 07 Oct 2013 08:19

    Actions (login required)

    View Item