Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP se Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal.

Gugup Ady Bela Prasetya, 6101405118 (2009) Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP se Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP se Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Skripsi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Adanya stigma negatif yang selama ini membebani profesi guru Penjasorkes yaitu tentang kinerja guru Penjasorkes yang dinilai rendah oleh rekan- rekan guru bidang studi non Penjasorkes memotivasi penulis untuk melakukan penelitian secara empiris tentang bagaimana persepsi guru-guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP se Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Non Penjasorkes di sekolah? Subjek yang diteliti adalah 123 orang guru non Penjasorkes untuk diminta mengisi kuesioner yang telah di sediakan oleh peneliti guna mendapatkan informasi tentang bagaimana persepsi mereka terhadap kinerja guru Penjasorkes di sekolahnya. Data yang diperoleh dari kuesioner tentang persepsi kinerja guru meliputi kompetensi kepribadian, paedagogik, profesional dan sosial. Data yang diperoleh dianalis sebagai, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Penjasorkes di SMP se Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal menurut persepsi guru non Penjasorkes tergolong tinggi, terbukti dari tingginya kompetensi kepribadian mencapai 93,5%, kompetensi paedagogik sebesar 84,55%, kompetensi profesional sebesar 87,8% dan kompetensi sosial sebesar 89,43%. Dari Penelitian tersebut di simpulkan bahwa guru penjasorkes tersebut memiliki kompetensi kepribadian dan sosial yang lebih baik dari pada kompetensi paedagogik dan profesionalnya. Disarankan kepada guru Penjasorkes untuk dapat meningkatkan kompetensi di bidang pedagogik guru Penjasorkes perlu meningkatkan kemauan dan kemampuannya dalam merancang dan mengembangkan serta memodifikasi atau memberikan variasi metode pembelajaran agar tidak terkesan monoton dan membuat siswa jenuh dengan mata pelajaran Penjasorkes dengan memanfaatkan media atau sarana pendukung pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang sesungguhnya. Berkaitan dengan kompetensi profesional guru Penjasorkes perlu meningkatkan kemampuannya dalam bidang iptek seperti penggunaan komputer dan penggunaan internet, sehingga dapat memanfaatkan media tersebut sebagai sumber informasi dan media pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kinerja Guru. Penjasorkes
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 Mar 2011 23:50
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:54

    Actions (login required)

    View Item