PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012

Handi Cipto Wibowo, 7101408325 (2013) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (1284Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan guru di SMK NU 01 Kendal diperoleh informasi bahwa siswa pada saat mengikuti pelajaran dalam kondisi siap, kompetensi mengajar guru yang sudah baik, hal ini terlihat dari kompetensi guru pada saat mengajar dan fasilitas disana yang sudah lengkap. Kenyataannya 22,22% siswa nilainya masih dibawah KKM pada pelajaran produktif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK NU 01 Kendal berjumlah 90 siswa. Karena subjeknya kurang dari 100, jadi populasi diambil semua sehingga penelitianya merupakan penelitiuan populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kompetensi pedagogik mempengaruhi prestasi belajar dilihat dari perhitungan linear berganda didapa nilai koefisien 0.397, kompetensi profesional mempengaruhi prestasi belajar dilihat dari perhitungan linear berganda didapa nilai koefisien 0.419, sedangkanfasilitas belajar didapat nilai koefisien 0.276, secara simultan dikatakan bahwa terdapat pengaruhyang signifikan pada kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Besarnya pengaruh adalah 58.1% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti Simpulan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional) dan fasilitas belajar berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar. Saran penelitian ini adalah sebaiknya pihak sekolah dan guru harus bisa memahami kebutuhan siswa, melalui pemenuhan dan penambahan fasilitas belajar yang ada di sekolah dan member pelatihan kepada guru guna mendorong siswa untuk lebih giat dalam belajar. Sehingga dengan pemenuhan tersebut diharapkan mampu mendukung guru dalam proses pembelajaran dan siswa mampu mencapai prestasi belajar yang optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22792 not found.
    Date Deposited: 04 Oct 2013 07:41
    Last Modified: 04 Oct 2013 07:42

    Actions (login required)

    View Item