GAYA BAHASA, PERWATAKAN TOKOH, DAN AMANAT SEBELAS CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGAJARAN SASTRA DI SMA

KASWANTO, 7115000007 (2007) GAYA BAHASA, PERWATAKAN TOKOH, DAN AMANAT SEBELAS CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGAJARAN SASTRA DI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (GAYA BAHASA, PERWATAKAN TOKOH, DAN AMANAT SEBELAS CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGAJARAN SASTRA DI SMA) - Published Version
Download (508Kb)

    Abstract

    Peneliti memilih sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo karena kumpulan cerpen ini berisi cerita kehidupan masyarakat sekitar, memuat nilai-nilai sosial, dan pesan moral yang sangat baik bagi siswa, bahasanya sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa. Peneliti juga ingin mengetahui apakah sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Maniti Pelangi dapat digunakan sebagai bahan pengajaran sastra atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mendeskripsi unsur gaya bahasa, perwatakan tokoh, dan amanat sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo, dan (2) memaparkan implementasi unsur gaya bahasa, perwatakan tokoh, dan amanat sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo. Kerangka teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur, unsur intrinsik karya sastra, dan implementasi pengajaran sastra di SMA. Unsur intrinsik yang digunakan dalam kerangka teoretis penelitan ini meliputi tokoh dan penokohan, alur, latar, tema, amanat, dan gaya bahasa. Pendekatan yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Data penelitian ini adalah penggalan wacana cerpen yang mengandung unsur gaya bahasa, perwatakan tokoh, dan amanat sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah teknik simak dan teknik catat.. Data yang dikelompokkan kemudian dianalisis menurut jenisnya. Data yang telah dianalisis menurut jenisnya selanjutnya dipaparkan secara deskriptif dalam bentuk cerpen. Penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap (1) mencari dan mengumpulkan leteratur yang berhubungan dengan penelitian dan pengajaran sastra, (2) menentukan permasalahan, (3) membaca kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi secara berulang-ulang, (4) meneliti dan mencatat data, (5) menganalisis data gaya bahasa, perwatakan tokoh dan amanat sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi, dan (6) memaparkan hasil analisis dan penelitian dalam bentuk laporan secara deskriptif. Dari hasil analisis dan penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo digunakan kosakata bahasa Indonesia baku dan berpola kalimat tunggal, perwatakan tokoh dalam sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo dekat dengan kehidupan masyarakat sekitar siswa. Amanat yang dapat disimpulkan adalah pesan moral untuk empati kepada masyarakat kecil, tidak serakah ketika berkuasa, tidak sewenang-wenang, tidak menyia-nyiakan anak, tidak bergantung kepada orang lain, dan tidak menistakan orang lain yang lemah. Sebelas cerpen dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo dapat diimplementasikan dalam pengajaran sastra kepada siswa SMA kelas XI semester 2 dengan standar kompetensi mendengarkan dan memahami berbagai ragam wacana lisan sastra melalui menonton dan menanggapi pementasan drama serta mendiskusikan pembacaan cerpen atau penggalan novel.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, Perwatakan Tokoh, Amanat, Cerpen, Implementasi, dan Pengajaran
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Jun 2013 06:47
    Last Modified: 06 Jun 2013 06:47

    Actions (login required)

    View Item