KAJIAN KEMAMPUAN KERUANGAN (SPATIAL ABILITIES) DAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI GEOMETRI RUANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

S u p a r y a n, 4101504005 (2007) KAJIAN KEMAMPUAN KERUANGAN (SPATIAL ABILITIES) DAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI GEOMETRI RUANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN KEMAMPUAN KERUANGAN (SPATIAL ABILITIES) DAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI GEOMETRI RUANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1782Kb)

    Abstract

    Pembelajaran materi perkuliahan Geometri Ruang di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang dewasa ini dijumpai hal-hal seperti : (1) mahasiswa kurang menguasai konsep Geometri Ruang, (2) Geometri Ruang merupakan mata kuliah yang kurang disukai mahasiswa, (3) mahasiswa calon guru kurang berminat mengajarkan Geometri Ruang , dan (4) Geometri merupakan sumber ketidakpahaman mahasiswa. Fokus penelitian diarahkan pada kemampuan dan sikap mahasiswa calon guru,meliputi: (1) kemampuan keruangan, (2) kemampuan penguasaan materi geometri ruang, dan (3) sikap para mahasiswa terhadap pembelajaran Geometri Ruang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan keruangan mahasiswa, (2) mengetahui kelemahan mahasiswa dalam penguasaan materi Geometri Ruang, dan (3) mengetahui sikap mahasiswa terhadap pembelajaran Geometri Ruang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 orang mahasiswa, terdiri dari 2 orang mahasiswa dari kelompok atas, 2 orang mahasiswa dari kelompok tengah, dan 2 orang mahasiswa dari kelompok bawah, atas hasil tes uji kemampuan meliputi kemampuan keruangan dan kemampuan penguasaan materi geometri ruang. Dalam penelitian ini yang menjadi instrumen adalah peneliti sendiri. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. Kemampuan Keruangan Subjek penelitian mencapai: (1) kemampuan tinggi, meliputi unsur-unsur Spatial Orientation, Spatial Relations, dan Spatial Visualization, (2) kemampuan sedang, meliputi unsur-unsur Spatial Visualization dan Mental Rotation; dan (3) kemampuan rendah, meliputi unsur-unsur Spatial Perception, Spatial Visualization, Mental Rotation, Spatial Relations, dan Spatial Orientation. Kelima unsur tersebut tidak dapat dibedakan secara tepat karena saling berkaitan. 2. Kemampuan Penguasaan Materi Geometri Ruang Subjek penelitian masih memiliki beberapa kelemahan pada penguasaan materi: (1) kedudukan dua garis dalam ruang, (2) garis tegaklurus bidang, (3) jarak antara dua garis bersilangan, (4) menyebut bentuk dan menghitung luas daerah bidang irisan, (5) melukis bidang melalui sebuah garis dan sebuah titik di luar garis, melukis bidang melalui dua garis yang berpotongan, dan (6) melukis bangun ruang dengan syarat bidang frontal, sudut surut, dan perbandingan proyeksi. 3.Sikap terhadap Pembelajaran Geometri Ruang Sikap subjek penelitian adalah: (1) sebagian besar bersikap positif, (2) ada yang bersikap positif tetapi cenderung netral (ragu-ragu), dan (3) ada yang bersikap negatif. Secara umum, subjek penelitian sebagai mahasiswa calon guru belum sepenuhnya memiliki kemampuan dan sikap yang diharapkan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan keruangan, penguasaan materi, geometri ruang, berpikir geometri
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Jun 2013 05:10
    Last Modified: 06 Jun 2013 05:10

    Actions (login required)

    View Item