UPACARA BERSIH DESA TANJUNGSARI di DUKUH DLIMAS DESA DLIMAS KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN (Kajian Bentuk, Fungsi, dan Makna Simbolik)

Teky Dwi Ana Sari, 2001502004 (2006) UPACARA BERSIH DESA TANJUNGSARI di DUKUH DLIMAS DESA DLIMAS KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN (Kajian Bentuk, Fungsi, dan Makna Simbolik). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPACARA BERSIH DESA TANJUNGSARI di DUKUH DLIMAS DESA DLIMAS KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN (Kajian Bentuk, Fungsi, dan Makna Simbolik)) - Published Version
Download (1288Kb)

    Abstract

    Upacara Bersih Desa Tanjungsari termasuk kategori kesenian tradisional, yang merupakan bagian dari keanekaragaman kebudayaan Indonesia yang hidup dan berkembang di seluruh pelosok tanah air. Demikian juga Upacara Bersih Desa Tanjungsari di Dukuh Dlimas, Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, sampai sekarang masih tetap eksis dan selalu rutin diadakan setiap setahun sekali. Batasan permasalahan dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimanakah prosesi Upacara Bersih Desa Tanjungsari di Dukuh Dlimas, (2) Bagaimanakah bentuk pertunjukan tari Tayub sebagai media “ngalap berkah” bagi masyarakat di Dukuh Dlimas, (3) Bagaimanakah fungsi dan makna simbolik yang terkandung dalam Upacara Bersih Desa Tanjungsari bagi masyarakat pendukungnya. Tujuan penelitian (1) memberikan informasi tentang keberadaan dan bentuk pertunjukan serta fungsi dan makna simbolik Upacara Bersih Desa Tanjungsari, (2) mendapatkan data empiris tentang Upacara Bersih Desa Tanjungsari bagi instansi terkait, dalam mengambil langkah dan usaha untuk pembinaan, pengembangan, pelestarian, dan pendokumentasian, (3) memberikan sumbangan pengetahuan dan menambah literatur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang datanya bersifat deskriptif, dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran tentang seluk beluk upacara Bersih Desa Tanjungsari. Lokasi penelitian berada di Dukuh Dlimas Desa Dlimas Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Sasaran penelitian adalah bentuk pertunjukan,perlengkapan upacara,fungsi dan makna simbolis upacara bersih desa Tanjungsari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya atau adat istiadat masyarakat dukuh Dlimas berpengaruh terhadap keberadaan upacara bersih desa Tanjungsari, terutama dalam bentuk pertunjukan, fungsi dan makna simboliknya. Sebagai ritual adat Upacara Bersih Desa Tanjungsari di Dukuh Dlimas sangat berperan bagi masyarakat pendukungnya sebagai pengendali sosial untuk mewujudkan kerukunan hidup,kesejahteraan dan kemakmuran, karena pada dasarnya Upacara Bersih Desa Tanjungsari diadakan untuk tujuan permohonan selamat dan “berkah” serta ungkapan rasa syukur masyarakat Dukuh Dlimas terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Budaya, bentuk pertunjukan, fungsi dan makna simbolis
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 30 May 2013 03:44
    Last Modified: 30 May 2013 03:52

    Actions (login required)

    View Item