Efektifitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknik Dribble Sepakbola Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal.

Ratih Widyarini, 6101404561 (2009) Efektifitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknik Dribble Sepakbola Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektifitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknik Dribble Sepakbola Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal.) - Published Version
Download (328Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah tingkat efektifitas penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran materi teknik dribble sepakbola Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar teknik dribble sepakbola pada siswa Kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimental. Metode penelitian ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Metode Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring Kendal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yang dikelompokan kedalam dua kelompok. Kelompok eksperimen sebanyak 40 responden dan kelompok kontrol sebanyak 40 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program spss 11.5 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran yang sangat signifikan antara kelompok ekperimen (tutor sebaya) dengan kelompok kontrol (konvensional) setelah mengalami tindakan pembelajaran. Perbedaan hasil tindakan pembelajaran juga diketahui dari perbedaan skor peroleh hasil post test yang dilakukan oleh kelompok Eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa pada kelompok ekperimen memiliki skor rata-rata sebesar 28,07 dan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 26,15. Selisih rata-rata skor sebelum tindakan pembelajaran dengan skor rata-rata setelah tindakan pembelajaran pada kelompok ekperimen sebesar 5,15 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 3,18. Berdasarkan hasil analisis uji anava yang memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran antara kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Pembelajaran tutor sebaya lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam pembelajaran materi teknik dribble sepakbola, sebaiknya guru dapat memberikan perhatian yang lebih secara individual pada siswa untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Optimalisasi potensi siswa tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan materi secara searah, akan tetapi juga dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk berperan dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya yang didalam prosesnya memberikan kesempatan beberapa siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata utnuk berperan sebagai tutor baya rekannya yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 Mar 2011 23:32
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:54

    Actions (login required)

    View Item