PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP

Salaman, 1103505013 (2007) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Download (499Kb)

    Abstract

    Kinerja merupakan kondisi yang tidak tetap yang dapat diperkuat atau diperlemah oleh pasang surutnya cara pandang dan pengaruh nilai-nilai yang dianut seseorang. Kinerja guru di Madrasah Aliyah, secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan persepsinya terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini kepala madrasah memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan institusional. Selain itu secara organisasi kepala madrasah bertanggung jawab menciptakan iklim organisasi yang menunjang etos kerja para guru di lingkungannya. Penciptaan iklim organisasi tersebut dapat menumbuhkan semangat kerja dan loyalitas para guru, meskipun mereka memiliki konsep diri yang beragam. Begitu pula kinerja guru, memiliki hubungan fungsional dengan kualitas kerja dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas hasil berlajar. Tinggi rendahnya kinerja dipengaruhi oleh berbagai variabel internal dan eksternal. Kualitas hasil belajar dapat didekati dari kondisi kinerja dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya, hal inilah yang menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Masalah yang diangkat adalah bagaimana pengaruh nyata kepemimpinan kepala madrasah, dan supervisi klinis sebagai variabel bebas (X1 dan X2) dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Cilacap sebagai variabel terikat (Y). Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah, dan supervisi klinis (X1 dan X2) dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Cilacap sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis maupun praktis. Populasi penelitian ini adalah para guru Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Cilacap yang berjumlah 313 orang yang berada di 13 madrasah. Sampel penelitian diambil dari 313 menjadi 175 guru, dan mengambil 8 madrasah dengan menggunakan tabel Krejcie, dan perhitungan sampel didasarkan atas kesalahan 5% serta memiliki tingkat kepercayaan 95% terhadap populasi. Hasil penelitian secara deskriptif menurut persepsi guru Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Cilacap, tentang kepemimpinan kepala madrasah 30,3% efektif (baik sekali), 67,4% baik, dan 2.3% kategori cukup. Supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala madrasah 29,1% baik sekali, 67,4% kategori baik dan 3.5% kategori cukup. Untuk kinerja guru MA 41,7% baik sekali, sedang sisanya 56,6% kategori baik, dan 1.7% kategori cukup. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru dengan persamaan regresi Y = a+b X1 diperoleh korelasi sebesar r = 0,883. Ada hubungan yang positif signifikan antara supervisi klinis dengan kinerja guru dengan persamaan regresi Y = a + b X2 diperoleh korelasi sebesar r = 0,887. Ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan supervisi klinis secara bersama-sama dengan kinerja guru madrasah, dengan persamaan regresi berganda Y = a + b X1 + b X2, sebesar 85,1% kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel kepemimpinan kepala madrasah dan supervisi klinis, sedangkan sisanya sebesar 14,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala madrasah, Supervisi klinis, kinerja guru Madrasah Aliyah
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 20 May 2013 21:45
    Last Modified: 20 May 2013 21:45

    Actions (login required)

    View Item