PENGARUH KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI

Moh. Arozi, 1103506022 (2009) PENGARUH KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEEFEKTIFAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) DI SMK NEGERI KOTA SEMARANG KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI) - Published Version
Download (1172Kb)

    Abstract

    Dunia saat ini berkembang sangat pesat dan diikuti persaingan antar negara. Indonesia sebagai bagian di dalamnya perlu meningkatkan kemampuan dan daya saing yang dimiliki. Peningkatan kemampuan dan daya saing ini, salah satunya dengan peningkatan mutu pendidikan melalui pengadaan pendidikan yang bermutu. Pewujutan pendidikan yang bermutu dapat dilakukan dengan mengimplementasikan TQM di sekolah,termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan kepemimpinan (X1) dan budaya organisasi (X2) terhadap implementasi TQM(Y) baik secara parsial maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMK Negeri Kota Semarang Kelompok Teknologi dan Industri. yeng telah menerapkan dan mendapatkan standarisasi ISO 9001:2000 yaitu SMKN 7, SMKN 4 dan SMKN 3 Semarang dengan jumlah total guru 347 orang. Sampel penelitian yang diambil dengan metode cluster sampling dan diikuti dengan simple random sampling pada tiap cluster sejumlah 88 untuk SMKN 7, 49 untuk SMKN 4 dan 49 untuk SMKN 3 Semarang. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori sangat fektif dengan prosentase penilaian 89.534% dari nilai maksimal 100%, (2) budya organisasi sekolah dlam kategori sangat baik dengan prosentase penilaian 89.026% dari nilai maksimal 100%, (3) Implementasi TQM dalam kategori sangat baik dengan prosentase penilaian 88.4% dari nilai maksimal 100%. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa (1) keefektifan kepemimpinan berkorelasi positif dan signifikan terhadap implementasi TQM dengan nilai korelasi 0.364 untuk tanpa variabel kontrol budaya organisasi dan .186 untuk dengan vriabel kontrol budaya organisasi, (2) budaya organisasi berkorelasi positif dan signifikan terhadap implementasi TQM dengan nilai korelasi 0.404 untuk tanpa variabel kontrol keefektifan kepemimpinan dan 0.262 untuk dengan variabel kontrol keefektifan kepemimpinan, (3) keefektifan kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersama-sama berkorelasi positif dan signifikan terhadap implentasi TQM dengan koefisien korelasi sebesar 0.438 dan mempeikan sumbangan pengaruh sebesar 19.2%. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi secara parsial dan secara bersama-sama berturut-turut Y’=70.632+0.165X1, Y’=67.722+0.257X2, dan Y’=58.517+0.092X1+0.186X2. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah: (1) kepala sekolah hendaknya meningkatkan keefektifan kepemimpinanya untuk mencapai implementasi TQM di sekolah yang lebih baik, (2) guru dan kepala sekolah hendaknya lebih memperkuat budaya organisasi yang baik, sehingga tercipta implementasi TQM yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan Kepemimpinan,Budaya Organisasi, Implementasi TQM.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 May 2013 21:58
    Last Modified: 20 May 2013 23:11

    Actions (login required)

    View Item