Pengaruh Motivasi Siswa dan Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Keputusan Investasi melalui Pendidikan Siswa SMK di Kabupaten Batang

Kustitik , 7101408300 (2012) Pengaruh Motivasi Siswa dan Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Keputusan Investasi melalui Pendidikan Siswa SMK di Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Investasi melalui pendidikan merupakan sejumlah dana yang dikeluarkan untuk bersekolah oleh individu atau masyarakat dengan harapan memperolah pekerjaan yang lebih baik, sehingga dapat memperoleh pendapatan lebih tinggi dimasa yang akan datang. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh motivasi siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang; 2) apakah ada pengaruh motivasi siswa terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang dan 3) apakah ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang Populasi penelitian 494 orang, siswa kelas XI SMK di Babupaten Batang dan diambil sampel 65 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dengan pembagian kelas berdasarkan jurusan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji regresi berganda. Hasil deskripsi variabel penelitian menunjukkan variabel keputusan investasi melalui pendidikan dengan indikator: pendidikan sebagai investasi, manfaat pendidikan, biaya pendidikan, harapan penghasilan dan pengembalian pendidikan dalam kategori tinggi; variabel motivasi siswa dengan indikator: suka bekerja keras, ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa), sosialisasi dalam kelompok, berorientasi pada masa depan dan adanya lingkungan sosial yang mendukung dalam kategori tinggi dan variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dengan indikator: hubungan dengan masyarakat, hubungan antar anggota keluarga, kepedulian terhadap pendidikan anak, tingkat pendapatan, dan penyediaan fasilitas guna menunjang pendidikan anak dalam kategori tinggi. Diketahui banyak dari lulusan SMK yang belum bekerja karena tidak membuat perencanaan kerja yang matang saat menjelang kelulusan, padahal bekerja merupakan salah satu indikator keberhasilan kegiatan investasi pendidikan. Hasil uji hipotesis menunjukkan motivasi siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang baik secara simultan maupun parsial. Siswa hendaknya membuat perencanaan kerja yang matang sebelum kelulusan agar setelah lulus siswa dapat segera bekerja dan merasakan manfaat dari investasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investasi melalui Pendidikan, Motivasi Siswa, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Nov 2012 20:48
Last Modified: 05 Nov 2012 20:48

Actions (login required)

View Item