Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa materi pokok atmostfer mata pelajaran geografi siswa kelas x sma negeri 3 rembang tahun ajaran 2011/2012

Aris Nur Rohman , 3201408005 (2012) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa materi pokok atmostfer mata pelajaran geografi siswa kelas x sma negeri 3 rembang tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan apabila siswa mampu mengatur waktu belajarnya. Sebaliknya, ada siswa yang hasil belajarnya kurang memuaskan meskipun tingkat kecerdasan baik atau sangat baik, hal itu disebabkan siswa kurang tertib dan kurang teratur dalam belajar.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah : ( 1 ) seberapa besar tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2011/2012, ( 2 ) seberapa besar pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa materi pokok atmosfer mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 120 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket ( kuisioner ), dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai adalah analisis diskripsi presentase, uji normalitas, dan anlisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 3 Rembang dalam kriteria disiplin dengan persentase sebesar 83,80%. Berdasarkan analisis regresi linier menggunakan kofisien determinasi ( adjust R square ) sebesar 26,6%. Dengan demikian, ada Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa materi pokok atmosfer mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2011/2012 sebesar 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : ( 1 ) Disiplin belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2011/2012 dalam kriteria disiplin, ( 2 ) ada pengaruh antara kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Geografi matari pokok atmosfer siswa kelas X SMA Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2011/2012 Saran untuk penelitian ini adalah : ( 1 ) Pihak sekolah hendaknya dapat menetapkan aturan dan tata tertib yang tegas dan menangani siswa serta menetapkan sanksi terhadap siswa yang melanggar dan memberikn reward terhadap siswa yang berprestasi, sehingga sikap disiplin akan terwujud yang nantinya akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar, ( 2 ) Hendakya orang tua selalu mengupayakan kondisi pada kebiasaan belajar yang baik serta disiplin belajar yang baik pula pada anak dirumah dengan cara memberikan dorongan atau motivasi baik secara fisik maupun psikologis pada anak agar melaksanakan jadwal belajar yang telah dibuat dirumah, dan dengan memberikan perhatian pada anak, serta dengan menciptakan suasana yangn aman ( tidak ada konflik dalam keluarga ), ( 3 ) Untuk penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk acuan penelitian selanjutnya khususnya untuk penelitian yang kaitanya dengan disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan belajar, Hasil belajar, Atmosfer
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Nov 2012 20:24
Last Modified: 05 Nov 2012 20:24

Actions (login required)

View Item