Pembelajaran Outdoor Study Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Kelas XI IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Pelajaran 2011-2012

Sih Kanuraga Perdana , 3201407055 (2012) Pembelajaran Outdoor Study Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Kelas XI IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Pelajaran 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, sumber belajar hanya pada buku pelajaran dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga membuat pembelajaran membosankan dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Sekolah mempunyai fenomena-fenomena Geografi yang dapat digunakan sebagai obyek kajian belajar, kondisi lingkungan tersebut sangat cocok dengan pembelajaran outdoor study dengan pendekatan JAS yang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran outdoor study melalui pendekatan JAS di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan ?, dan 2) Apakah ada hubungan antara pelaksanaan pembelajaran outdoor study melalui pendekatan JAS pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran outdoor study melalui pendekatan JAS di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan 2) untuk mengetahui hubungan dalam pelaksanaan pembelajaran outdoor study melalui pendekatan JAS pada materi pokok lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS semester genap SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 5 kelas, dimana masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sebagai sampel diambil satu kelas, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas penelitian. Variabel dalam penelitian ini berjumlah dua, yaitu pembelajaran outdoor study melalui pendekatan jelajah alam sekitar (variabel bebas) dan hasil belajar siswa (variabel terikat). Hasil belajar diperoleh dengan pre test - post test. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh data observasi pembelajaran JAS sebesar 78% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pre test nilai tertinggi 67, nilai terendah 47, rata-rata nilai 58,41. Sedangkan untuk post test nilai tertinggi 90, nilai terendah 75, rata-rata nilai 82,83. Nilai ttabel 5% =2,07 < thitung =16,11> ttabel 1% =2,81 sehingga pembelajaran outdoor study melalui JAS berjalan dengan baik. Persentase kinerja guru pada pertemuan I sebesar 61,53% dengan kriteria cukup, pertemuan II sebesar 76,92% dengan kriteria baik, dan pertemuan III sebesar 82,69% dengan kriteria sangat baik. Presentase tanggapan siswa terhadap pembelajaran JAS diperoleh data bahwa 18 siswa (75%) memiliki tanggapan dengan kriteria sangat baik. 6 siswa (25%) memiliki tanggapan dengan kriteria baik. dan tidak ada tanggapan siswa untuk cukup dan kurang. Secara klasikal persentase tanggapan siswa mengenai pembelajaran outdoor study dengan pendekatan JAS adalah sebesar 85% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil uji product moment diketahui rxy=0,813 > rtabel= 0,404 pada taraf signifikan 5% dari tabel nilai tersebut masuk dalam kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pembelajaran outdoor study dengan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Pembelajaran outdoor study melalui pendekatan JAS perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi khususnya dalam materi lingkungan hidup ataupun materi yang relevan lainnya, 2) Hendaknya SMA maupun MA menerapkan model pembelajaran outdoor study dalam pembelajaran geografi dengan memanfaatkan alam sebagai laboratorium utama dalam proses kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Outdoor Study, Pendekatan JAS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2012 07:05
Last Modified: 03 Nov 2012 07:05

Actions (login required)

View Item