SURVEY PERSEPSI GURU NON-PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMA SEDERAJAD SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Tommy Adi Nugroho , 6101405500 (2010) SURVEY PERSEPSI GURU NON-PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMA SEDERAJAD SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kinerja guru Penjasorkes di SMA sederajad Se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru Penjasorkes melalui guru Penjasorkes di SMA sederajad Se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan refleksi guru Penjasorkes di SMA sederajad se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal berdasarkan kinerja yang telah dilakukannya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi demi perbaikan pada masa depan dan sebagai bahan masukan bagi dinas pendidikan dalam membuat kebijakan guna peningkatan mutu guru Penjas orkes yang nantinya akan berpengaruh secara positif terhadap peningkatan profesionalitas kerjanya. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Non-Penjasorkes SMA Se- Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2008/2009. Cara pengambilan sampel ini adalah dengan teknik Total Sampling, yaitu seluruh anggota populasi merupakan sampel dalam penelitian ini. Metode pengambilan data menggunakan metode angket/kuesioner. Teknik analisa data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase skor persepsi guru non penjasorkes terhadap guru penjasorkes mengenai aspek kepribadian adalah 85,8%, aspek kompetensi pedagogik adalah 81,7%, aspek kompetensi profesional adalah 79,2% dan aspek sosial adalah 79,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Guru Penjasorkes SMA Se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal untuk aspek kepribadian tinggi, aspek kompetensi pedagogik termasuk dalam kategori tinggi, kompetensi profesional termasuk kategori sedang dan aspek sosial termasuk dalam kategori sedang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah diharapkan guru penjasorkes di SMA sederajad se-Kecamatan Sukorejo Kendal berperan aktif dalam setiap kegiatan masyarakat disekitarnya untuk meningkatkan kompetensi sosial yang dimilikinya dan guru penjasorkes hendaknya senantiasa mendapatkan dukungan berupa penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survey, Kinerja, Guru Penjasorkes
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 18 Apr 2011 20:50
Last Modified: 25 Apr 2015 00:29

Actions (login required)

View Item