Tingkat Pengetahuan Dasar masyarakat Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tentang Instalai Listrik Rumah Tinggal dan Keamanan pemakaiannya

Fanny Himawan, 5301408011 (2012) Tingkat Pengetahuan Dasar masyarakat Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tentang Instalai Listrik Rumah Tinggal dan Keamanan pemakaiannya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Listrik mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial serta peningkatan kualitas kehidupan bangsa. Selain memberikan manfaat, listrik mempunyai potensi bahaya yang dapat mengancam kehidupan manusia, baik pekerja di instalasi tenaga listrik maupun penggunaanya. Pengetahuan masyarakat akan dasar-dasar instalasi rumah tinggal ditentukan oleh pemahaman tentang dasar-dasar kelistrikan, meliputi: kepemilikan, fungsi dan pemahaman tentang instalasi listrik, perlengkapan pemasangan instalasi, pengamanan dari bahaya listrik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pengetahuan masyarakat desa Sambung kecamatan Gajah kabupaten Demak tentang dasar-dasar kelistrikan instalasi rumah tinggal.(2) Untuk mengetahui standar pemasangan instalasi listrik rumah tinggal di desa Sambung kecamatan Gajah kabupaten Demak.(3) Untuk mengetahui tingkat keamanan pemakaian instalasi listrik rumah tinggal dari bahaya akibat listrik. Penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif persentase yang diungkapkan dalam distribusi skor (skala likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian diperoleh 79,83 % masyarakat desa Sambung memiliki pengetahuan tentang instalasi listrik rumah tinggal termasuk dalam kriteria sangat baik. Sebanyak 80,68 % memiliki tingkat pengetahuan tentang standar pemasangan instalasi listrik rumah tinggal yang termasuk dalam kriteria sangat baik serta memiliki pengetahuan tingkat keamanan pemakaian instalasi listrik rumah tinggal dari bahaya akibat listrik sebesar 74,69 % yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dilihat dari jenjang pendidikan terdapat perbedaan yang signifikan antara masyarakat yang berpendidikan menengah dan tinggi (SMA/MA/SMK,D3 dan S1) dengan masyarakat berpendidikan dasar (SD/MI dan SMP/Tsanawiyah) tentang tingkat pengetahuan dasar instalasi listrik rumah tinggal dan keamanan pemakaiannya. Berdasarkan analisis t pada sig. 10% diperoleh 1,697 dan memperoleh hasilnya to > tt .( 1,85 > 1,697 ).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dasar kelistrikan, Standar pemasangan, Keamanan pemakaian instalasi listrik.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 16:11
Last Modified: 01 Nov 2012 16:11

Actions (login required)

View Item